TOKOH-TOKOH BESAR ISLAM SEPANJANG SEJARAH


JUDUL: TOKOH-TOKOH BESAR ISLAM SEPANJANG SEJARAH

PENGARANG: SYAIKH MUHAMMAD SA'ID MURSI

PENERBIT: PUSTAKA AL-KAUTSAR

TAHUN: 2007

JUMLAH HAL: 477 halaman

ISBN: 979-592-387-0


Termasuk banyak buku tentang para sahabat, tabi'in dan tokoh Muslim penting lainnya. Buku karya Muhammad Sai'd Mursi ini termasuk diantaranya. Pertama diterbitkan di Kairo, Mesir tahun 2003, buku ini diterjemahkan dengan sangat baik ke dalam bahasa Indonesia.

Lebih dari 200 orang diceritakan disini, mulai dari 10 orang sahabat Nabi yang dijanjikan masuk surga, para syuhada, para khalifah, para hakim, para pejuang, para penakluk, para ilmuwan, hingga para wanita penting. Setiap tokoh diuraikan secara rinci mulai dari tahun kelahirannya, asal-usulnya, perannya yang penting dan bersejarah, pengaruhnya terhadap masyarakat,
hingga kapan ia meninggal dunia. Bahkan para sahabat dan istri Nabi dicatatkan jumlah hadits yang berasal darinya, serta kutipan hadits yang penting darinya. Saya baru tahu bahwa Rasulallah, Abu Bakar Ash-Shiddiq dan Umar bin Khattab, semuanya wafat pada usia yang sama yaitu 63 tahun.

Ada beberapa hadits dan kisah yang baru saya ketahui setelah membaca buku ini. Diantaranya:

"Sesungguhnya setiap amal perbuatan itu tergantung pada niatnya. Dan yang dianggap bagi setiap orang adalah apa yang ia niatkan. Barangsiapa yang niat hijrahnya untuk dunia (kekayaan) yang akan didapat atau wanita yang akan dikawin, maka hijrahnya itu terhenti pada niat hijrah yang ia tuju." (HR Al-Bukhari, dari Umar bin Khattab)

"Sesungguhnya Allah dan para malaikat-Nya bershalawat kepada jama'ah yang berada di shaf pertama." (HR Ibnu Majah dari Abdurrahman bin Auf).

"Terdapat dua nikmat yang kebanyakan orang tertipu di dalamnya: kesehatan dan waktu luang." (HR Al-Bukhari, dari Abdullah bin Abbas)

"Berdusta dilarang kecuali pada tiga tempat. Pertama seorang suami yang membohongi istrinya demi keharmonisan rumah tangga, mendustai musuh di saat melakukan perang, dan mendustai manusia demi misi perdamaian." (HR Tirmidzi, dari Asma' binti Yazid)

Buku ini sangat pantas dibaca oleh orang yang ingin mengenal lebih jauh riwayat para tokoh, terutama para sahabat. Banyak kisah menarik seputar diri mereka, yang kelak menjadi suri teladan bagi kita.

Komentar

Unknown mengatakan…
buku ini sungguh dahsyat
buku islami
suroto mengatakan…
buku ini wajib dimiliki.karna bagus banget......
toko buku islam

Postingan Populer