MUHAMMAD SANG NABI: SEBUAH BIOGRAFI KRITIS


JUDUL: MUHAMMAD SANG NABI: SEBUAH BIOGRAFI KRITIS

PENGARANG: KAREN ARMSTRONG

PENERBIT: RISALAH GUSTI

TAHUN: 2001

JUMLAH HAL: 409 halaman

ISBN: 979-556-023-9


Sudah banyak buku tentang biografi Nabi Muhammad SAW. Namun tidak banyak buku yang menceritakan secara rinci kondisi sosial-budaya-ekonomi bangsa Arab sebelum kedatangan dan selama masa Nabi. Armstrong mampu menerangkan adat istiadat bangsa Arab di Mekkah. Kita dapat melihat bagaimana sistem kesukuan terbangun kuat, meskipun mereka berasal dari satu nenek moyang, yaitu Qushay. Suku-suku Arab menerapkan, salah satunya, sistem perlindungan kepada anggotanya. Seseorang tak dapat bertahan hidup tanpa perlindungan dari sukunya atau dari seorang tokoh. Tanpa perlindungan, seseorang dapat dirampok, diperkosa, dibunuh, dan dianiaya tanpa seorang pun yang bersedia membelanya di pengadilan.


Tradisi inilah yang menyebabkan bangsa Quraisy tak dapat berbuat banyak menghadapi Rasulallah ketika pamannya Abdul Mutthalib masih hidup. Ketika sang paman wafat, hidup Rasulallah menjadi bencana. Ditambah lagi dengan wafatnya Khaddijah, istri sang Rasul. Beliau hidup di Mekkah tanpa perlindungan, dan itu berarti nyawanya terancam setiap saat karena tidak ada Kabilah yang bersedia melindunginya.


Armstrong juga mengungkapkan kepribadian Nabi Muhammad SAW sebagai seorang pemimpin, wali, politikus, negosiator, pedagang, dan pemersatu bangsa Arab yang tadinya terpecah-pecah berdasarkan suku. Beliau menghilangkan ikatan darah (suku/ Bani/ Kabilah) dan menggantikannya dengan ikatan iman (percaya pada Allah SWT).


Tidak banyak buku tentang Nabi yang ditulis oleh non-Muslim dengan baik. Buku ini adalah salah satu yang terbaik.

Komentar

Postingan Populer