AL-KHAWARIZMI


JUDUL: AL-KHAWARIZMI

PENGARANG: NIN STUDIO

PENERBIT: GEMA INSANI PRESS

TAHUN: 2006

JUMLAH HAL: 94 halaman

ISBN: 979-56-0094-X


Tak banyak yang mengetahui bahwa ilmu matematika algoritma, aljabar, dan beberapa lainnya merupakan karya seorang ilmuwan Muslim bernama Al-Khawarizmi (770-840 M). Komik ini berusaha menampilkan biografi sang ilmuwan, yang dimulai sejak ia kanak-kanak. Bagian-bagian awal komik terasa menjemukan karena ritmenya yang lambat dan lebih menceritakan perjalanan kedua orangtuanya pindah dari kota kelahirannya (kini bagian dari Uzbekistan) ke arah selatan kota Baghdad. Setelah 1/3 buku, barulah cerita mulai padat.

Karya Al-Khawarizmi terhitung banyak, termasuk penciptaan bola dunia dan peta dunia, lengkap dengan perhitungan luas keliling bumi. Kitabnya Al-Jabr Wa Al-Muqabilah, adalah kitab yang kelak menjadi rujukan utama ilmu aljabar di seluruh dunia. Beliau juga menyusun kitab tentang astronomi. Ilustrasi dalam komik ini termasuk bagus dan realistis. Bahasa visual mudah dipahami dan mudah diikuti.

Komentar

iful mengatakan…
... visual komiknya realistis, wah saya harus cari ke toko buku, nih.

Berharap dng komik-komik kisah ilmuwan spt ini, seharusnya menjadi panutan untuk umat muslim skrg agar berfikir ilmiah, rasional dan logika. ...bukan cuma untuk di'bangga'kan.
Cakrawala Senja mengatakan…
ya betul. Gue sempat menanyakan ttg ini kpd seorang ulama besar di Liga Muslim Sedunia di Mekkah. Lupa namanya. Persis spt yg loe tanya. Dia jawab bahwa memang kekurangan kita (Muslim) saat ini adalah keterpurukan dalam inovasi ilmu pengetahuan. Jawaban lain rada diplomatis sih. Tapi setidaknya gue sdh mengeluarkan uneg2 gue kpd beliau saat itu.

Postingan Populer