THE MESSAGE



JUDUL: THE MESSAGE


SUTRADARA: MOUSTAPHA AKKAD


TAHUN: 1977


DURASI: 220 menit


PENERBIT DVD: ANCHOR BAY (versi Inggris)


PENERBIT VCD: MIM (versi Arab)

Film legendaris yang menceritakan perjuangan Nabi Muhammad SAW ini wajib ditonton oleh semua Muslim. Terbuat dalam dua versi: Arab dan Inggris, dimana para pemain filmnya berbeda serta bahasa berbeda. Hanya adegan-adegan kolosal saja yang sama. Kedua versi pernah diputar di bioskop-bioskop Jakarta sekitar tahun 1978/ 1979. Saat itu saya pergi nonton veri Arab bersama saudara-saudara sepupu, sementara kedua orang tua nonton versi Inggris. Masih ingat dengan jelas beberapa adegan film, walau saat itu masih kecil. Bahkan poster mini film The Message sempat saya miliki. Sayang sudah hancur dimakan rayap, ketika lemari buku terserang sekitar tahun 1992. Poster itu bergambar pasukan Muslim merangsek maju menunggangi kuda sambil membawa bendera bertuliskan Allah. Di belakang mereka tampak Ka'bah. Indah sekali.

DVD resmi (1998) yang beredar adalah versi Inggris yang diperkuat aktor legendaris Anthony Quinn sebagai Hamzah, paman Rasulallah yang juga panglima perang. Moustapha Akkad secara bijaksana dan cerdik mampu menampilkan perjalanan perjuangan Rasullallah menyampaikan wahyu Illahi kepada suku Quraisy di Mekkah. Ia juga dengan bijaksana menghindari visualisasi Nabi (dan juga Ali bin Abi Thalib). Akting para pemeran sangat bagus, demikian pula halnya dengan sinematografi. Keterlaluan rasanya jika kecintaan kepada Rasulallah tidak tumbuh seusai menyaksikan The Message. DVD juga menampilkan proses pembuatannya, dan wawancara dengan beberapa orang yang terlibat dalam produksinya, termasuk sutradara Moustapha Akkad. Ia bercerita maksud dan tujuan dibuatnya film ini.

Beberapa waktu beredar The Message versi Arab dalam format VCD (2006) oleh penerbit MIM, dengan subtitles Bahasa. Inilah versi yang pernah saya tonton di bioskop puluhan tahun lalu. Akting Abdul Ghoits sebagai Hamzah tak kalah kharismatik dibandingkan Anthony Quinn. Berbeda dengan format DVD, VCD ini tidak menampilkan bonus features.

9 Nov 2005 terjadi serangan bom di Hotel Grand Hyatt, di kota Amman, Jordania. Disana salah Perry Pattiselano, seorang musisi jazz Indonesia, menjadi korban. Banyak korban lain berjatuhan, diantaranya Moustapha Akkad. Semoga Allah SWT memberinya tempat terbaik disisi-Nya, karena ia juga berjihad di jalan Allah melalui film The Message.

Komentar

iful mengatakan…
wah...baru sadar ternyata ada dua versi dng bintang film-nya pun juga berbeda. Saya pikir sebelumnya cuma beda dubbing.

BTW kira2 bakal ada remakenya ngga ya? dibuat dng 'style' ala kingdom of heaven http://www.kingdomofheavenmovie.com/
Cakrawala Senja mengatakan…
gue sih ngga mengharapkan bakal ada remake, krn versi Akkad ini bagi gue sdh keren banget. Jika kelak ada, mudah2an gabungan antara Kingdom of Heaven + Lord of the Rings=).

walau samar2, gue ingat dikit suasana bioskop saat gue nonton Message versi Arab. Duh...tahun berapa itu? 1978 rasanya. Saking lamanya tuh film, pake break istirahat pula.

Postingan Populer