SEJARAH MEKKAH


JUDUL: SEJARAH MEKKAH

PENGARANG: Dr. MUHAMMAD ILYAS ABDUL GHANI

PENERBIT: n/a

TAHUN: 2004

JUMLAH HAL: 191 halaman

ISBN: 9960-43-555-5


Buku ini saya peroleh di kota Mekkah saat menunaikan ibadah haji tahun 2007. Buku pertama dari sekian banyak buku berbahasa Indonesia disana. Hebat bukan? Tidak banyak yang menyadari bahwa Mekkah dan Madinah banyak menjual buku terjemahan bahasa
Indonesia, yang bahkan tidak dijual di Indonesia. Sejatinya buku ini berbahasa Arab dan diterjemahkan ke beberapa bahasa seperti Indonesia, Inggris dan Perancis.


Sejarah Mekkah secara komprehensif berisi sejarah kota tersuci di dunia ini, termasuk kutipan berbagai ayat/ surat Al Qur'an, hadits Rasulallah, foto berbagai lokasi penting, foto arsitektur dan interior Ka'bah dan Masjidil Haram, denah Ka'bah, serta berbagai peristiwa bersejarah perjuangan Rasulallah. Kertas lux dan semua foto berwarna. Beberapa bab berisi penjelasan
lengkap tentang thawaf, sa'i, air zam-zam, lokasi-lokasi miqat, hijir Ismail, batu hajar Aswad, kain Kiswah (penutup Ka'bah), instalasi listrik dan air sekitar Masjidil Haram, dan berbagai tempat bersejarah lain seperti tempat lahirnya Rasulallah (yang kini menjadi perpustakaan).
Saya ingat membacanya secara maraton di Mekkah, sekaligus pengisi waktu luang dan menambah ilmu. Beruntung saya berkesempatan untuk melihat sendiri lokasi-lokasi yang dimaksud dalam buku ini, dan ikut menjelaskannya kepada rekan-rekan sesama jamaah
lain.


Jika Anda pergi ke Mekkah dan Madinah, jangan lupa membeli buku ini (dan buku-buku lainnya).

Komentar

Malik mengatakan…
Saya mendapatkan buku tersebut pada saat menunaikan ibadah haji musim 2005 akhir (wukuf 10 Januari 2006). Selain itu saya juga membeli buku Sejarah Masjid Nabawi.
Namun sayangnya, beberapa bulan yang lalu buku Sejarah Mekkah saya pinjamkan ke temen yang mau ber-umroh, setelah umroh buku tersebut belum balik sampai sekarang, di cari2 juga belum ketemu.
Hari ini mencoba untuk membeli di Gramedia PIM masih belum terdaftar juga.
Ada yang punya ?
Malik mengatakan…
Saya mendapatkan buku tersebut pada saat menunaikan ibadah haji musim 2005 akhir (wukuf 10 Januari 2006). Selain itu saya juga membeli buku Sejarah Masjid Nabawi.
Namun sayangnya, beberapa bulan yang lalu buku Sejarah Mekkah saya pinjamkan ke temen yang mau ber-umroh, setelah umroh buku tersebut belum balik sampai sekarang, di cari2 juga belum ketemu.
Hari ini mencoba untuk membeli di Gramedia PIM masih belum terdaftar juga.
Ada yang punya ?
Cakrawala Senja mengatakan…
sayangnya saya belum pernah melihat buku ini dijual disini. Sejarah Mekkah pernah terbit, tapi dgn B/W alias tanpa warna oleh penerbit Akbar. Desain cover pun berbeda.

Saran saya sebaiknya titip kepada rekan/ keluarga yg pergi umrah atau haji. Repot memang, tapi itulah kemungkinan terbaik. Kebanyakan buku bahasa Indonesia tersedia hanya pada musim haji. Selain itu agak sulit.

Jika mau, saya bisa coba tanyakan kepada rekan yg sering menjadi pembimbing umrah. Mudah2an bukunya ada.

Postingan Populer