SAFE AREA GORAZDE


JUDUL: SAFE AREA GORAZDE: THE WAR IN EASTERN BOSNIA 1992-1995

PENGARANG: JOE SACCO

PENERBIT: FANTAGRAPHICS USA

TAHUN: 2000

JUMLAH HAL: 227 halaman

ISBN: 1-56097-470-2




Joe Sacco, komikus yang populer dengan Palestina, menghadirkan komik sejenis dengan fokus berbeda: perang Bosnia. Gorazde adalah sebuah kota kecil di perbatasan dengan wilayah yang dikuasai Serbia, sedikit ke arah timur kota Sarajevo. Sama seperti Sarajevo, kota Gorazde menjadi saksi pembantaian warga Muslim Bosnia dalam salah satu perang yang paling mengenaskan pada akhir abad 20.

Sama seperti pada Palestina, Joe Sacco melakukan pendekatan jurnalistik dalam Safe Area Gorazde. Anda serasa mengikuti laporan/ reportase berita halaman demi halaman. Sebagian liputan membuat Anda sedih dan meneteskan air mata. Inilah salah satu buku yang paling direkomendasikan tentang peristiwa tragis bangsa Muslim-Bosnia. Diterbitkan dalam bahasa Inggris.

Cerita berawal dari kedatangan Sacco ke Gorazde menjelang berakhirnya perang. Dia membaur dengan penduduk Gorazde, dimana sebagian adalah Muslim. Sacco berkawan baik dengan beberapa dari mereka. Dari kawan-kawannya inilah Sacco mewawancarai atau minta mereka menceritakan pengalaman pribadi selama perang. Satu per satu bercerita, dan terungkaplah kesaksian mereka akan kekejaman tentara Serbia atau tentara Chetniks. Mereka yang selamat menjadi saksi pembersihan etnis Muslim Bosnia.

Edin contohnya, menemukan pemakaman beberapa jenazah sebagian teman-temannya. Ada diantaranya yang jari-jarinya terpotong, ada yang tanpa kepala, ada yang perutnya berisi tanah, dan lainnya. Seorang tua menjadi saksi ketika menyaksikan sendiri dua keluarga dibunuh dengan cara disembelih lehernya. Mulai dari anak-anak, hingga terakhir orang tuanya. Ia menyaksikan setiap Muslim ditembak belakang kepalanya, atau ditikam jantungnya, atau digorok lehernya, lalu tubuhnya dilempar dari atas jembatan jatuh ke sungai. Sekitar 100,000 Muslim terbunuh secara mengenaskan dalam kurun waktu 1992-1995. Bahkan ada suatu desa yang seluruh penduduk Muslimnya punah.

Tidak kuat bacanya.....


Komentar

Anonim mengatakan…
bosnia urusan yang pelik dan di tutup-tutupi...oleh barat sekalipun...
mudah - mudahan komik ini bisa lebih membuka fakta.
asli saya cukup kesulitan baca buku bahasa inggris..soalnya musti dua tiga kali mengulang baca. kapan edisi bahasa indonesia keluar ?
orang indonesia yang cukup kapabel untuk urusan bosnia ini adalah farid gaban. mungkin bisa jadi kata pengantar. atau goenawan mohamad, dia pernah bikin puisi soal sarajevo....
Cakrawala Senja mengatakan…
Ngga tahu kapan komik ini bakal ada versi Indonesia nya. Sayang memang. Isinya bikin gue merinding.
iful mengatakan…
Berharap juga bila diterjemahkan Indonesia... tapi kalo penggambarannya realitis, apa bisa masuk ya?
Cakrawala Senja mengatakan…
sebenarnya sih Joe Sacco gambarnya realis. Hanya saja dgn gayanya dia. Perhatiin deh panel2 di scan yg gue buat itu. Realis sebenarnya. Cuma aja dia ngga mampu bikin serealis Teguh Santosa, Don Lawrence, atau Alex Ross heheheh....

Mudah2an sih ada yg tertarik utk menerjemahkannya.
Anonim mengatakan…
Akan segera terbit versi indonesianya!!! Lagi dilayout nih ...

Postingan Populer