SHALAT PAKAI SANDAL: SUNNAH YANG TELAH HILANG


JUDUL: SHALAT PAKAI SANDAL: SUNNAH YANG TELAH HILANG

PENGARANG: SYAIKH MUQBIL bin HADI AL WADI'I

PENERBIT: PUSTAKA SALAFIYAH

TAHUN: 2005

JUMLAH HAL: 82 halaman

ISBN: n/a


Saat saya di Mekkah dan Madinah, banyak orang Turki mengenakan alas kaki khusus saat shalat. Seperti sepatu kungfu Bruce Lee. Nampaknya ini sepatu khusus untuk shalat. Bukan untuk berjalan-jalan sehari-harinya. Saat itu saya tidak begitu paham, dan menganggapnya sama seperti beberapa rekan saya yang shalat di Tanah Air menggunakan kaos kaki.
Belakangan saya menemukan sebuah buku berjudul Shalat Pakai Sandal. Buku setebal 82 halaman ini berjudul unik dan segera menarik perhatian. Apalagi saya melihat sendiri banyak jamaah menggunakan alas kaki.


Buku yang aslinya diterbitkan di Yaman ini tergolong unik, karena berisi aneka hadits Rasul berkaitan dengan penggunaan alas kaki saat shalat. Hadits-hadits nya pun diriwayatkan oleh Imam Bukhari, Imam Muslim, dll. Namun buku ini terlihat memenggal hadits (tidak utuh) dan nampaknya memang hadits yang shahih. Sebagaimana layaknya hadits yang diriwayatkan para ahli hadits, setiap hadits diberikan referensi perihal perkiraan tanggalnya, latar belakang historisnya, peristiwa seputar hadits, nama sahabat yang meriwayatkan, dsb.


Buku ini tidak banyak menjelaskan hal-hal tsb, dan ini berakibat timbul keraguan pembaca. Mungkin hadits-hadits tentang penggunaan alas kaki memang shahih. Tapi tanpa latar belakangnya, sulit untuk mengetahui apa yang menyebabkan Rasulallah menggunakan alas kaki ketika shalat.
Akibatnya sulit untuk memahami mengapa ada hadits yang dapat menjadi dasar hukum bagi kita untuk melakukan shalat dengan alas kaki.

Komentar

iful mengatakan…
Saya pernah lihat di Bangladesh...praktis juga sih. Tapi kebanyakan yg pake orang-orang tua, mungkin biar ngga dingin menginjak lantai mesjid.

Bentuknya seperti sapatu balet (pantofel, ujung pendek). Namun, bila keluar mesjid ada sebagian dari mereka masih memakai sepatu lagi (jadi dobel - sepatu dalam sepatu) atau memakai sandal yg mirip spt sandal gunung - jadi sepatu dalam sandal =D

Terlepas dari hal fashionnya...masjid emang tempat yg suci tapi apakah lantainya higienis? nah ini lain soal, khan.

Postingan Populer