KISAH PARA NABI


JUDUL: KISAH PARA NABI

PENGARANG: IBNU KATSIR

PENERBIT: PUSTAKA AZZAM

TAHUN: 2001

JUMLAH HAL: 724 halaman

ISBN: n/a


Kitab Suci Al Qur'an menyebutkan 24 orang Nabi selain Rasulallah. Sebagian diantaranya disebutkan secara rinci (misalnya Nabi Ibrahim AS dan Nabi Musa AS), namun banyak yang hanya secara singkat. Seorang ulama sejarah terkenal Ibnu Katsir (lahir 700 H, wafat 774 H) mengumpulkan berbagai sumber dari para ahli kitab (julukan yang bisa dikenal pada para ahli sejarah Nasrani dan Yahudi), sunnah Rasulallah dan surat-surat dalam Al Qur'an. Disini kita dapat lebih banyak tahu tentang latar belakang setiap Nabi yang disebutkan dalam Al Qur'an.


Ibnu Katsir secara hati-hati menuliskan setiap riwayat para Nabi, yang jika tanpa rujukan shahih tak akan ia tulis. Apalagi jika bertentangan dengan Al Qur'an dan tanpa hadits Nabi Muhammad SAW. Buku ini aslinya diterbitkan di Beirut. Butuh waktu lama untuk membaca Kisah Para Nabi, terutama karena masalah editorial dan lay out, yang kadang membingungkan
pembaca. Terlepas dari itu, informasinya sangat bagus untuk diketahui.


Misalnya saja, usia sebenarnya Nabi Adam AS, usia sebenarnya Nabi Daud AS (dimana sebagian usia Nabi Adam AS, sebanyak 40 tahun, diberikan kepada Nabi Daud AS). Disini juga diketahui asal usul bangsa Yahudi sebanyak 12 suku, yang berasal dari ke-4 istri dan ke-12 putra Nabi Yaqub AS. Diuraikan pula bagaimana ke-12 suku ini menantikan nabi akhir zaman. Ke-10 suku yakin bahwa nabi akan turun dari garis keturunan mereka, sementara 2 suku sisanya (keturunan Nabi Yusuf AS dan Benyamin) menjadi induk seluruh nabi setelah Yusuf hingga Isa AS. Ke-10 suku tidak menyukai kenyataan ini dan mereka mengkhianati dan membunuhi nabi-nabi dari 2 suku lain. Inilah yang dikatakan dalam Al Qur'an bahwa bangsa Yahudi membunuhi nabi-nabi dari kalangan mereka sendiri. Kelak sebagian dari ke-12 suku ini imigrasi ke Yatsrib (Madinah), karena menurut ramalan nabi akhir zaman akan ada di kota itu.


Dalam kisah Nabi Isa AS diceritakan bagaimana awal mula penyelewengan pengikut Nabi Isa AS lakukan. Terjadi perbedaan pendapat antara para pemeluk Nasrani. Satu kelompok berkata Isa adalah Tuhan yang turun ke Bumi, satu kelompok berkata Isa adalah anak Tuhan (karena lahir dari Maryam tanpa suami), dan satu kelompok berkata Isa adalah Nabi utusan Tuhan. Ketiga
kelompok nyaris menimbulkan perang saudara. Kaisar Konstantin, penguasa Konstantinopel mengambil jalan tengah dan berpihak pada mayoritas: Isa adalah Tuhan yang turun ke bumi dan anak Tuhan (trinitas). Kelompok minoritas (Isa adalah Nabi utusan Tuhan) keluar dari Konstantinopel dan imigrasi ke Yatsrib, karena menurut ramalan di kota itulah akan datang nabi penutup zaman. Kelak mereka itulah yang mendukung Nabi Muhammad SAW dan memeluk Islam. Sebagian dari mereka, 10 suku sisanya, yang membangkang dan mengkhianati Rasulallah karena tidak rela mendapati bahwa nabi akhir zaman tidak hanya bukan dari kalangan mereka, namun juga dari suku Arab yang menurut mereka dari golongan tka beradab.


Jika anda ingin tahu lebih banyak tentang kisah 24 Nabi sebelum Nabi Muhammad SAW, buku ini wajib dibaca.

Komentar

Postingan Populer