KOMIK NABI MUHAMMAD SAW



JUDUL: KOMIK

PENGARANG: NUR WAHIDIN

PENERBIT: DAR! MIZAN

TAHUN: 1997

JUMLAH HAL: 1.825 halaman

ISBN: n/a

Serial Komik Nabi Muhammad SAW sepanjang 12 volume dan total 1.825 halaman bukanlah komik bertema agama, pendidikan agama atau tokoh agama yang pertama di Indonesia. Puluhan tahun sebelumnya Indonesia sudah mengenal banyak komik agama dan dari berbagai agama. Dalam kurun waktu 10 tahun terakhir khususnya, serial komik bertema agama sangat marak. Mulai dari penerbitan komersial, sampai penerbitan skala terbatas.

Dari sekian banyak yang pernah terbit, serial Komik Nabi Muhammad SAW merupakan salah satu yang terbaik, terpanjang, dan terlaris yang pernah ada. Penuturan narasi yang sederhana, penggunaan bahasa yang mudah dimengerti, penataan panel yang rapi, ketaatan pada pesan yang ingin disampaikan, bahasa visual yang efektif dan mudah dipahami, serta kehati-hatian pada hal-hal yang mungkin sulit digambarkan (atau berpotensi mengundang polemik) menjadi keunggulan utama dalam karya ini.

Pembaca diajak mulai sejak masa-masa sebelum kelahiran Rasulallah, yaitu penyerangan Ka'bah yang dikenal dengan Tahun Gajah. Alkisah Abdullah bin Abdul Mutholib menikah dengan Aminah, lalu Abdullah wafat, Aminah melahirkan Rasulallah, beliau dibawa untuk disusui oleh Halimah, ketika balita dadanya 'dibelah' oleh dua malaikat, Aminah wafat, dan terus hingga beliau dewasa, menikah dengan Khadijjah, menerima wahyu Allah, masuknya para pemeluk Islam pertama, hijrah ke Madinah, berbagai perang, hingga beliau wafat di Madinah. Penulis secara cermat memvisualisasi semua itu dan hasilnya pembaca dapat menikmati alternatif bacaan riwayat biografi Nabi akhir zaman.

Beberapa tahun lalu DAR! Mizan mencetak ulang dan mengemasnya secara indah, lalu diberikan sebuah tas khusus. Harganya sekitar Rp 150.000,-. Namun sayang kini 1 set buku ini tidak tersedia secara eceran. Baru bisa didapatkan bila kita membeli produk-produk khusus DAR! Mizan dan mendapat hadiah 1 set buku komik Nabi Muhammad SAW.

Komentar

iful mengatakan…
Jika komik ini begitu rinci ttg Nabi Muhammad SAW, ehm...seharusnya dicetak banyak dan jadi bacaan referensi resmi yg berbentuk komik.

Walaupun penggambaran Nabi di komik ini dng bentuk cahaya , tapi format komik (gambar mahluk hidup) bagi gol konservatif masih sesuatu hal yg tidak akui secara formal. CMIIAW.
Anonim mengatakan…
pada saat pameran buku islam di bogor tahun lalu (atau dua tahun lalu yah), banya ksekali buku2 komik islam, terutama yang masih promo, belum cetak massal.biasanya oleh penerbit kecil. saya sebut penernit kecil, karena email addressnya pake yahoo. kalo pengen musti pesan. saya dapet beberapa nomer telponnya, pengen pesan/order. tetapi email dan no telponnya ga nyahut. sampe skrg ga jadi pesan. juga VCD animasi.

btw, buku yang di resensi ini terbitan dar mizan. kalo terbitan mizan, pasti mumpuni dan ga mungkin ga cetak masal...:)
memang, sejarah seperti ini bisa agak menimbulkan friksi. apalagi mizan jaman orba pernah dikucilkan gara - gara menerbitkan buku2 revolusi iran...divonis syiah...ah...penerbit kok sekte2an...hahahahahaa
salut sy untuk inovasi2 dari penerbit mizan yang bener2 progresif...

pernah liat di toko buku, ada injil edisi novel, dan edisi komik..keren amat... di rak bawahnya, ada komik cerita 25 nabi dan rasul...formatnya kalah kelas (grafis hand made, hitam putih- kertas CD-cover CD)...ah...mudah2an komik mizan ini bisa menaikkan derajat ...:)
Cakrawala Senja mengatakan…
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Cakrawala Senja mengatakan…
Baru-baru ini heboh sebuah berita tentang komik Nabi Muhammad karya asing yang diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia. Seperti banyak diduga isinya melecehkan beliau dan Islam. Sangat disayangkan.

Namun yang paling disayangkan adalah sikap sebagian Muslim Indonesia yang menghakimi semua komik tema agama Islam adalah jelek. Termasuk komik terbitan DAR! Mizan ini. Seperti biasa, banyak orang dengan mudah menilai, tanpa sebelumya membaca isi bukunya. Sikap seperti ini seakan sudah menjadi trademark umat Muslim Indonesia yang dengan mudah terhasut dan terprovokasi.

Saran saya: baca dulu dan baru komentar. Jika belum baca, jangan gegabah mengeluarkan pendapat. Ini hanya menambah bukti bahwa kita ini bangsa/ umat yang picik.

Semoga umat Islam Indonesia segera dewasa dan bijaksana.
Anonim mengatakan…
buku yang menarik coz biasanya kita sk males,baca riwayat nabi yg di tulis pake huruf keciL-keciL,mata keburu jenuh..

makdudnya "ketika balita dadanya 'dibelah' oleh dua malaikat?"
Unknown mengatakan…
komik ini bagus, aku sempet baca dr minjem temen. pingin punya, tp carinya susah bgt.. hix ;(
ALIS mengatakan…
saya sudah hatam ni komik tapi versi dulu, sangat membantu sekali dalam pengetahuan sejarah nabi. ingin rasanya saya wariskan ini buku tapi nyari buku ini sangat sulit sekali. ada yang bisa membantu saya mencarikan komik serila lengkap sirah nabawi ini?
Cakrawala Senja mengatakan…
buku ini masih dijual, tapi sbg suvenir jika beli produk khusus DAR Mizan seperti ensiklopedia.
Sucita Ramadhanti mengatakan…
Halo kak, izin tanya, kalau mau informasi cara agar bisa mendapat komik-komik tersebut bagaimana ya? atau bisa diakses dimana yaa? terima kasih
Cakrawala Senja mengatakan…
Setahu saya Mizan masih cetak ulang. Hanya saja desain covernya beda dan sudah dimampatkan menjadi beberapa volume. Aslinya ada 10 buku. Tapi versi baru setahu saya ngga sampai 10. Terakhir lihat ada di Tokopedia. Coba saja search.

Postingan Populer