SAMARKAND


JUDUL: SAMARKAND

PENGARANG: AMIN MAALOUF

PENERBIT: SERAMBI

TAHUN: 2007

JUMLAH HAL: 514 halaman

ISBN: 979-1112-42-8

Sebuah novel fiksi yang mengangkat biografi Omar Kayyam, pujangga Muslim terkenal pada masanya. Pembaca diajak berkelana menyelami sisi kehidupannya yang puitis dan romantis, serta keterlibatannya dalam berbagai kegiatan ilmu pengetahuan dan politik. Novel yang aslinya terbit dalam bahasa Perancis ini menuai kekaguman, karena sang penulis mampu menghidupkan karakter Omar Kayyam dan rubayyat nya yang tersohor itu. Pusat cerita adalah misteri hilangnya buku koleksi rubayyat Kayyam, dimana pembantu Kayyam terbunuh saat menjaga buku ini. Hingga akhir hayat Kayyam, buku koleksi rubayyat ini tak pernah ditemukan.

Setting pindah ke akhir abad 19 dimana seorang terpelajar berkelana ke Timur Tengah hingga ia tiba di Samarkand, yang konon salah satu kota terindah di dunia. Bahkan sejak masa Omar Kayyam. Ia mengalami berbagai peristiwa revolusi yang mengantarnya berkenalan dengan seorang putri cantik yang juga mencintai puisi-puisi Omar Kayyam. Kelak mereka menikah dan keduanya berhasil menemukan buku Omar Kayyam.

Cerita terbangun secara ciamik, walau sayang kisah ditutup dengan setting klise, yaitu detik-detik terakhir sepasang kekasih ini berada di atas kapal Titanic.

Komentar

Postingan Populer