LASKAR PELANGI


JUDUL: LASKAR PELANGI

SUTRADARA: RIRI REZA

TAHUN: 2008

DURASI: 120 menit


Inilah film Indonesia yang menjadi banyak pembicaraan di paruh kedua 2008. Diadaptasi dari novel Andrea Hirata berjudul sama. Walaupun banyak yang mengritik film ini berbeda dengan novelnya, namun film Laskar Pelangi tetap setia pada jiwa dan semangat dalam novelnya.


Dapat dikatakan sebagai otobiografi Andrea Hirata, Laskar Pelangi bercerita tentang 10 anak-anak dan dua orang guru SD Muhammadiyah di kota Belitong yang mengejar impian dan cita-cita. Berbagai kekurangan seperti kehidupan ekonomi dan fasilitas sekolah yang sangat, sangat minim, tak mengurungkan niat para tokoh utama untuk mengejar impian. Jika ke-10 anak bersemangat dalam belajar dan mewujudkan impian, sekecil apapun itu, makan kedua orang guru juga melakukan yang sama. Keduanya mengabdikan diri sepenuhnya kepada dunia pendidikan dan senantiasa menanamkan moral dan budi pekerti kepada anak-anak didiknya.
Keindahan alam pulau Belitung menjadi daya tarik tersendiri, selain kesederhanaan para penduduknya. Dilengkapi dengan semangat mengejar impian, semua ini menjadi kekuatan film Laskar Pelangi.


Film inilah yang menjadi best seller sepanjang tahun 2008, mengalahkan film Ayat-Ayat Cinta. Semua orang sangat dianjurkan menonton film ini, termasuk anak-anak. Disini kita dapat melihat pentingnya seseorang memiliki impian, dan tekad yang keras untuk mewujudkannya. Apapun keterbatasannya.

Komentar

Postingan Populer