THE SOUND OF BELIEF


JUDUL: THE SOUND OF BELIEF

ARTIS: KOLEKTIF

PRODUKSI: VICTORIUS MUSIC

TAHUN: 2004

DURASI: 46 menit


Jika ada satu saja CD album musik religius Islami yang saya kagumi, maka saya hanya akan memilih The Sound of Belief. Album terbitan 2004 merupakan album keroyokan Idang Rasjidi, Hendri Lamiri, Mates, Dian HP, dan masih banyak lagi. Terdiri dari 9 lagu dengan balutan warna musik jazz.


Musik jazz? Memang bisa? Saya juga tadinya berpikir, apa jadinya musik jazz religius? Kalau pop religius saya sudah sering dengar. Atau rock religius macam Kantata Takwa. Tapi jazz?
Mendengar lagu pertama, Muhammad Miracles, saja sudah biking bulu kuduk merinding. Dentingan piano Dian HP dan bass Bintang lambat merayap, seakan memang sudah jodoh dengan lantunan vokal Aisha, yang dengan syahdu membaca Al-Fathihah dalam bahasa Inggris selayaknya membaca puisi. Lagu ini terasa tepat menjadi lagu pengantar mengarungi samudra The Sound of Belief.


Lagu kedua, yang menjadi 'teras' album, membuat penikmat jazz melayang. The Rhythm of Endearment judulnya. Sax tiupan Arief Setiadi dan suling oleh Saat menjadi pembuka dentuman bass Bintang dan piano Idang Rasjidi. Joel mengajak pendengar ikut melantun, Allahuma shalli alla sayiddina Muhammad, berkali-kali..... duh bikin merinding sekaligus melayang.


Anda suka jazz swing? Dengarkanlah lagu Let's Give Shalawat A Swing. Dengan iringan keyboard, drums, bass, guitar, saxophone, trompet, dan trombone, rasanya kita bisa ikut bergoyang sampe besok subuh. Joel tak henti-hentinya mengajak kita bershalawat.


Bagi penggemar jazz rock, jangan lewatkan Journey of the Greatest History. Suatu nomor instrumental dengan dentuman bass dan sayatan biola yang dahsyat. Interpretasi luar biasa dari perjalanan agung Isra Mi'raj. Dentingan Rhodes dan drums menjadikan karya ini sangat megah.


Sayang album ini dicetak tak banyak, dan segera sold-out. Sekitar 2006 The Sound of Belief dicetak ulang, desain cover ulang, serta tambahan beberapa lagu. Itupun kini sudah sold-out. Rajin-rajin lah anda mencari di setiap toko CD. Atau kontak komunitas Indie-Jazz. Siapa tahu mereka punya stok.

Komentar

Postingan Populer