FAX FROM SARAJEVO


Karya: Joe Kubert
Penerbit: Dark Horse Books
Tahun: 1996
Isbn hardcover: 1569711437
Isbn softcover: 1569713464

Joe Kubert bukanlah tokoh yang asing bagi dunia komik. Ia kerap dikenal sebagai ilustrator komik-komik diantaranya Tarzan, Sgt. Rock, Batman dan Flash. Goretan pensil Joe Kubert memberikan kesan kuat bagi kita yang membacanya. Bahkan karya lainnya, Yossel, digambar hanya dengan pensil (tanpa tinta dan tidak diberi warna). Nama yang melegenda seakan sudah menjadi jaminan mutu.

FAX FROM SARAJEVO memiliki arti yang sangat pribadi bagi Joe Kubert. Komik ini mengkisahkan perjuangan Ervin Rustemagic dan keluarganya, yang hendak eksodus dari Sarajevo. Seperti yang kita ketahui Sarajevo menjadi kancah peperangan antara Bosnia, Serbia dan Kroasia sekitar tahun 1992-93. Mengapa FAX FROM SARAJEVO menjadi sangat pribadi? Ervin Rustemagic dan istrinya merupakan sahabat dekat Joe Kuber dan istrinya. Mereka sering bertemu dalam berbagai kesempatan dan suasana yang memprihatinkan di negeri Ervin membuat Joe Kubert sekeluarga ikut bersimpati.

Selama di Bosnia (dan dari kota-kota lainnya), Ervin kerap berkomunikasi dengan Joe Kubert tidak melalui telepon atau internet. Ervin mengirimkan lembaran tulisan tangan melalui faksimili kepada Joe Kubert. Lembaran-lembaran fax yang mencapai ratusan jumlahnya tersebut menceritakan berbagai peristiwa, kabar, keluhan, jeritan dan tangis Ervin dan keluarganya selama di Bosnia. Hanya beberapa kali mereka berkomunikasi lewat telepon, namun hanya bila darurat. Lembaran-lembaran fax yang sangat menyentuh inilah yang dijadikan bahan utama Joe Kubert dalam menciptakan FAX FROM SARAJEVO.

Panel demi panel kita diajak Joe Kubert untuk ikut merasakan perjuangan Ervin dan keluarganya, serta penderitaan rakyat Bosnia, selama pendudukan Serbia. Joe Kubert berusaha untuk tidak mengeksploitasi berbagai kekerasan dan penderitaan, namun hanya dengan membaca berbagai dialog dan monolog kita akan larut dalam keprihatinan dan kesedihan.

Komik berwarna sepanjang 180 halaman ini, ditambah 25 halaman foto-foto dokumentasi Joe Kubert dan Ervin Rustemagic, merupakan salah satu komik terbaik yang pernah saya baca. FAX FROM SARAJEVO juga memenangkan berbagai penghargaan diantaranya:
Best Graphic Novel of The Year (The Washington Post)
Best Graphic Album of Original Work (Harvey Award)
Best New Graphic Album (Eisner Award)
Best Nonfiction Work (Don Thompson)
Best Foreign Book Published in France (Le Prix France Alph-Art 1998)

Komentar

Postingan Populer