PERSEPOLIS: THE STORY OF A CHILDHOOD


(Marjane Satrapi/ Pantheon/ 2003/ ISBN: 0-375-422300/ http://www.randomhouse.com/pantheon/graphicnovels/persepolis.html)



JUDUL: PERSEPOLIS: THE STORY OF A CHILDHOOD
PENGARANG: MARJANE SATRAPI
PENERBIT: PANTHEON
TAHUN: 2003
JUMLAH HAL: 153 halaman
ISBN: 0-375-42230-7

Sebuah novel grafis (istilah lain dari komik serius) karya Marjane Satrapi, wanita kebangsaan Iran, mengandung pujian dan kritik. Persepolis adalah otobiografi sang penulis semasa kecil hingga dewasa di Iran. Ia seorang anak tunggal, dari sebuah keluarga moderat. Tidak jelas agamanya, dan tidak jelas paham ideologinya. Ia dibesarkan dalam lingkungan yang berpendidikan, kritis, terbuka terhadap segala macam ilmu (termasuk komunis), dan menentang paham Islam fundamentalis yang ketika itu disuarakan Imam Ayatollah Khomeni. Marjane mengalami culture shock ketika negerinya berubah dari kesultanan (ditandai dengan
tumbangnya Shah Reza Pahlevi) menjadi negara Islam Republik. Ia yang menggemari musik Michael Jackson, celana jeans, dan lainnya kehilangan semuanya. Kini ia bersekolah terpisah dari teman-teman prianya, dan wajib mengenakan kerudung. Marji kecil tak mengerti mengapa ia wajib mengenakan busana Muslim, tanpa pengecualian. Ia tak mengerti mengapa semua musik kesukaannya dilarang. Ia tak mengerti mengapa buku-buku berbahasa asing kini dilarang. Yang terjadi adalah pemberontakan. Marji kecil tumbuh menjadi seorang yang sangat demokrat, liberal, tak jelas agamanya, hidup bebas, dan lainnya. Buku pertama terbit dalam bahasa Perancis, dan diterjemahkan ke beberapa bahasa.

Banyak yang berpendapat bahwa Persepolis, termasuk buku sekuelnya Persepolis 2, adalah buku yang menghembuskan semangat liberal. Marji memang tidak secara eksplisit mengajak pembacanya untuk meliberalkan diri. Ia hanya menceritakan kisah hidupnya, dengan maksud berbagi cerita. Tidak lebih. Cara ia bercerita, melalui media gambar/ visual, patut dipuji. Garis tebal, ekpresif, dan mayoritas warna blok hitam-putih. Persepolis terlihat sangat artistik.
Buku ini, dan sekuelnya, sempat akan diterbitkan oleh Gramedia Pustaka Utama. Namun penerbit ini mengurungkan niat, tanpa alasan yang jelas.

Komentar

Postingan Populer