BALTHASAR'S ODYSSEY


JUDUL: BALTHASAR'S ODYSSEY

PENGARANG: AMIN MAALOUF

PENERBIT: SERAMBI

TAHUN: 2006

JUMLAH HAL: 618 halaman

ISBN: 979-1112-37-1


Umat Muslim mengenal 99 asma Allah, yaitu nama-nama julukan Allah SWT, yang masing-masing menunjukkan kebesaran sifat-sifat-Nya. Amin Maalouf mengajak kita mengikuti petualangan Baldassare Embriaco, seorang Katolik keturunan Genoa. Berprofesi sebagai pedagang buku antik, ia mengenal mitos adanya sebuah buku legendaris yang memuat nama Tuhan ke-100. Konon, barang siapa yang mengetahuinya akan selamta pada hari kiamat.


Kapan hari kiamat itu? Adalah tahun 1666 M, sesuai kepercayaan kaum Yahudi. Baldassare tidak pernah percaya dan tidak pernah menemukan buku yang dimaksud, meskipun sudah ratusan pedagang dan kolektor menanyakannya. Bahkan almarhum kakek dan ayahnya, yang juga pedagang buku antik, tak pernah menemukannya. Hingga suatu hari seorang tetangga yang teramat miskin menghadiahkannya buku legendaris tsb. Tak memahami dan tak mempercayai, Baldasarre menjualnya dengan harga tinggi kepada seorang duta besar yang sedang menuju Istanbul. Ketika Baldassare membawa uang hasil penjualan dan ingin memberikannya kepada sang tetangga tua itu, didapatinya beliau meninggal dunia.


Menyesal karena merasa buku itu merupakan warisan sang sahabat, ia berangkat menuju Istanbul mengejar sang duta besar dan bukunya. Seorang ulama Islam, yang juga tetangganya, heran mengapa Baldassare penasaran dengan nama Tuhan ke-100. Tidak ada gunanya jika memang benar kiamat akan datang dalam waktu dekat.


Petualangan Baldassare, beserta dua orang keponakan, seorang pembantu, dan seorang janda, ke Istambul menjadi malapetaka, berkah, pelajaran, dan entah apa lagi, yang menjadi hikmah, kutukan, bencana, dan entah apa lagi bagi Baldassare. Akhirnya ia menyadari bahwa perjalanan ini bukanlah tentang pencarian buku, atau nama Tuhan ke-100. Tapi lebih kepada pencarian jati dirinya seorang.


Novel disusun secara menarik oleh Maalouf, walaupun ada beberapa bagian terasa bertele-tele dan tidak relevan. Namun secara keseluruhan menarik untuk diikuti.

Komentar

Postingan Populer